Daihatsu Surabaya

MAS LIAN
SALES EXECUTIVE SUZUKI
DEALER SUZUKI PUSAT
BBM:

Berita

Suzuki Resmi Boyong SX4 S-Cross Terbaru ke Indonesia

Crossover terbaru Suzuki Indomobil Sales (SIS), New SX4 S-Cross resmi meluncur. Suzuki memberi berbagai perubahan pada mobil yang terakhir diluncurkan pada 2016 itu. Mulai dari tampilan hingga beragam fitur tambahan.

"Peluncuran mobil ini kami lakukan dengan melihat tren global dan Indonesia, di mana untuk medium SUV (sport utility vehicle) termasuk berkontribusi besar," kata 4W Deputy Managing Director SIS Setiawan Surya dibilangan Pondok Indah, Jakarta Selatan, Jumat (10/11).

Berbagai perubahan yang dilakukan pada S4X ini dilakukan berdasarkan riset Suzuki terhadap konsumen. Menurut Setiawan konsumen ternyata cenderung memilih kendaraan yang stylish dengan fitur optimal.

Dari segi tampilan, mobil ini tampil lebih besar. Kini dimensinya lebih lebar (1.785 mm) dan tinggi (1.595 mm). Tampilan berbeda juga dilakukan pada desain grill depan berbalut chrome dan dipadukan dengan headlamp LED.

Headlamp juga sudah dilengkapi auto leveling. Fitur ini bisa membantu pengendara mengatur ketinggian cahaya sesuai kebutuhan. Tidak lupa, untuk keselamatan disiang hari mobil sudah mamakai fitur daytime running light (DRL).

"Ada juga fitur autoheadlight on. Itu berfungsi menyalakan lampu besar secara otomatis saat (kondisi) sekitar kendaraan terlihat kurang cahaya ya," ujarnya.

Untuk lampu kabut, memang model terdahulu sudah tersedia. Namun saat ini desain lampu itu dibuat berbeda dengan hiasan chrome.

Pada bagian kakinya, pabrikan asal Jepang itu juga telah menyematkan ukuran ban lebih besar, yaitu 215/60 R16. Secara tampilan memang tampak lebih gagah, setelah ban dipadu dengan velg berdesain baru dengan aksen hitam.

Sementara itu pada bagian dalamnya, jok kini sudah dibalut dengan bahan kulit. Untuk penunjang tampilan bagian kabin, perangkat hiburan juga disediakan dengan berpusat pada sebuah monitor berlayar sentuh di bagian dashboard.

Suzuki Resmi Boyong SX4 S-Cross Terbaru ke IndonesiaSuzuki New SX4 S-CROSS. (Foto: dok. Suzuki)


Walau tersedia dengan pilihan transmisi otomatis, mobil ini juga mengususung sistem perseneling paddle shift. Maksudnya, pengguna bisa menjadikan mobil ini sebagai mobil matic ataupun manual dengan menekan tuas yang terletak di balik kemudi.

Saat tuas ditekan, transmisi mobil pun memberi sensasi berkendara layaknya mobil manual. Disebut demikian karena pengendara punya kuasa untuk memindahkan gigi secara manual. Namun semua dilakukan tanpa perlu menekan pedal kopling di kaki.

Masih Euro 2

Untuk memperoleh daya gedornya, mobil dilengkapi dengan mesin bensin berkapasitas 1.500cc VVT DOHC yang diklaim dapat menghasilkan tenaga 109 ps pada 6.000 rpm.

Mesin tersebut dipadukan, untuk varian otomatis enam percepatan dan versi manual lima percepatan. Tidak lupa mobil itu sudah memakai beberapa fitur keselamatan, mulai dari airbag di bagian depan hingga  sistem pengereman antilock braking system (ABS). 

Meski demikian, Direktur Pemasaran SIS Donny Saputra, mengungkapkan bahwa mobil yang didatangkan utuh dari India itu masih memiliki mesin berstandar gas buang Euro 2.

Ia menjelaskan, standar tersebut diambil lantaran mengikuti regulasi yang saat ini masih diterapkan di tanah air. Meskipun, untuk pasar India sendiri SX4 terbaru sudah berstandar Euro 4.

"Tapi jangan kawatir kalau regulasi berubah kami udah siapkan. Karena kami juga sesuaikan dengan pasar sama regulasi di Indonesia," kata Donny.

Ia menambahkan, bahwa mobil tersebut saat ini sudah mulai dapat dipesan dengan empat pilihan warna. Suzuki membandrolnya dengan harga Rp268.85 juta varian otomatis dan manual Rp256 juta on the road Jakarta.